Bank Sampah

BANK SAMPAH adalah kegiatan mahasiswa dibawah naungan BEM UMN yang memiliki tujuan untuk membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

Dengan  adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa UMN dapat bertumbuh dan berkembang sembari menjadi agen perubahan dalam pelestarian lingkungan serta membawa dampak besar pada seluruh lapisan masyarakat nantinya.

Sejarah

Di Indonesia terdapat hukum yang mengatur tentang pengelolaan sampah, dalam Undang-Undang no.18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah menjelaskan prinsip dalam mengelola sampah yaitu reduce, reuse, dan recycle yang artinya adalah mengurangi, menggunakan kembali, dan mengelola. Sedangkan pola hidup masyarakat saat ini dalam pengelolaan sampah jarang sekali dikelola ataupun menggunakan kembali, masyarakat hanya melakukan pengumpulan sampah di rumah masing-masing, kemudian sampah di ambil oleh tukang pengumpul sampah sesudah itu tukang pengumpul sampah membawa sampah tersebut ke TPS (Tempat Penyimpanan Sementara), dari TPS sampah di angkut oleh mobil sampah kemudian dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). (Proposal Bank Sampah, 2016: 1)

Kondisi semacam ini sungguh meresahkan keadaan bumi beberapa tahun kedepan.. Kondisi dilapangan bahkan sungguh sangat mencengangkan, sampah bertebaran dimana-mana, air tanah terkontaminasi lindi, air permukaan yang dipenuhi sampah, kondisi tempat sampah umum yang tidak memadai, distribusi pengangkutan yang tidak layak dan TPA yang tidak berwawasan lingkungan. Hal ini akan memberikan dampak negatif kepada generasi anak-cucu-kita, sebagai generasi penerus, yang nantinya akan sulit mendapatkan udara bersih, wabah penyakit di mana-mana, dan bahkan pulau-pulau Indonesia akan terendam satu per satu akibat dari volume air yang ada di daratan semakin meningkat serta tidak ada akses bagi air untuk mengalir ke laut. Selain itu, Sifat masyarakat yang masih sangat minim kepeduliannya tentang masalah persampahan Karena tanpa adanya kesadaran masyarakat maka prinsip dasar gaya hidup ramah lingkungan seperti 3R menjadi sulit untuk diterapkan dan secanggih apapun teknologi yang diterapkan maka hasilnya juga tidak akan pernah optimal.

Oleh sebab itu, kami dari pihak Bank Sampah UMN ingin membangun sebuah panitia yang terdiri dari insan-insan yang mau bekerja sama dalam membuat lingkungan yang lebih bersih. Tentunya anggota yang nantinya akan tergabung dalam Bank Sampah, harus melalui tahap seleksi sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan oleh Badan Pengurus Harian dan ketua Koordinator Bank Sampah UMN. Selain itu, Bank Sampah juga ingin mengajak masyarakat, terutama mahasiswa yang berperan sebagai generasi penerus bangsa, untuk dapat lebih menghargai lingkungannya dimulai dari tidak membuang sampah sembarangan. Karena kami dari pihak Bank Sampah mempunyai visi memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan dan misi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan mengajak mahasiswa untuk turut serta melalui program kerja Bank Sampah. Melalui visi dan misi yang ada, kami berharap dapat menjadi sebuah sosok agen perubahan dalam hal kebersihan.

 

Rangkaian Kegiatan Bank Sampah

Kegiatan Bank Sampah terdiri dari penerimaan anggota Bank Sampah Gen IV, dilanjutkan dengan  anggota, kemudian penerimaan nasabah Bank sampah dan pengumpulan sampah mingguan yang dilakukan setiap hari Rabu, dan untuk mendapatkan skkm nasabah harus mencapai target dan mengikuti kegiatan Bank Sampah yaitu ECO RUN dan Plant The Green.

Visi:

  • Mengembangkan Bank Sampah dengan menghadirkan anggota (nasabah) yang terdiri dari Mahasiswa/i yang berupaya menjaga lingkungan yang bersih.
  • Meningkatkan kepedulian dan kesadaran mahasiswa serta masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan mencintai lingkungan.
  • Menerapkan nilai 5C Kompas Gramedia dalam kegiatan Bank Sampah.
  • Menciptakan iklim organisasi cinta lingkungan.

Misi:

  • Menjadi wadah bagi mahasiswa UMN untuk mengimplementasikan kepedulian terhadap lingkungan hijau, serta menerapkan sikap jujur dan bertanggung jawab.
  • Sebagai organisasi yang menggagas kebersihan lingkungan kampus dan sekitarnya melalui pengumpulan sampah setiap minggunya, serta mengedepankan sikap profesional.

 

Filosofi logo Bank Sampah

  • Lingkaran melambangkan bumi sebagai tempat kita tinggal dan harus kita jaga
  • Daun melambangkan bentuk kepedulian terhadap lingkungan
  • Kotak-kotak melambangkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang mempu berperan dalam konvergensi berbagai kehidupan didunia yang semuanya saling terkoneksi secara canggih
  • Warna biru melambangkan teknologi yang juga menjadi ciri khas warna dari UMN yang menaungi Bank Sampah
  • Hijau melambangkan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk keberlangsungan hidup
Contacts:

Instagram: http://instagram.com/banksampah_umn

[email protected]: @banksampah_umn

Email: [email protected]