Mr. & Ms. UMN

Mister Miss UMN adalah sebuah ajang pemilihan duta kampus yang tujuannya adalah untuk menjadi Role Model mahasiswa UMN, bagaimana seharusnya seorang mahasiswa bersikap, bagaimana ia bisa menjadi cerminan inspirasi dan mampu memberikan pengaruh yang positif bagi seluruh civitas akademica UMN. Esensi utama yang menjadikan Mr Ms berbeda dengan acara lainnya di UMN adalah, Mr. & Ms. UMN sebagai sarana pembentukan karakter menjadi seorang role model yang patut dicontoh dengan melalui berbagai tahapan mulai dari Seleksi, Mini Karantina, Road to 20, Talent Night, Karantina, dan Awarding Night.

 

Mr. & Ms. UMN memiliki nilai-nilai utama yaitu 5C Kompas Gramedia yang terdiri atas Caring, Credible, Competent, Competitive dan Customer Delight serta nilai 3B yang terdiri atas Brain, Beauty, Behaviour serta 3M yang terdiri atas Mindful, Masculin dan Manner.

Mr. & Ms UMN 2019 mengangkat konsep Nusantara. Indonesia adalah sebuah negara besar dengan berbagai budaya tercipta di dalamnya. Banyak sekali nilai moral yang dapat kita gali mulai dari tata krama orang-orang Indonesia dulunya yang dinilai sebagai masyarakat yang ramah, penuh senyum dan sopan hingga berbagai budaya serta adat istidiat yang beragam berasal dari seluruh daerah. Namun nampaknya seiring dengan berjalannya waktu dan giatnya globalisasi yang masuk ke tanah air, nilai-nilai tersebut mulai luntur, khususnya di kalangan anak muda. Untuk itu Mr. & Ms. UMN 2018 sebagai ajang pemilihan duta, diharapkan bukan hanya menjadi perwakilan atau duta dari kampusnya, namun juga sekaligus manjadi perwakilan insan muda Indonesia yang punya tanggung jawab melestarikan budaya. Dalam hal ini Mr. & Ms. UMN merupakan salah satu sarana yang kiranya tepat untuk kembali mensosialisasikan nilai-nilai baik yang Indonesia punya sekaligus memperkenalkan kembali beragam budaya tradisional Nusantara yang sudah seharusnya kita jaga dan lestarikan.

Mr. & Ms. UMN 2019 mengangkat tema Aatreya yang berasal dari Bahasa Sansekerta dengan arti “berlaku cerdas dan bijaksana”. Bahasa Sansekerta merupakan salah satu bahasa yang memiliki kaitan historis dengan Indonesia, dimana bahasa ini dulunya dipakai oleh bangsa Indonesia di Era Kerajaan sebelum akhirnya menjadi negara kesatuan seperti sekarang.
Nama Aatreya dipilih karena sesuai dengan artinya yaitu berlaku cerdas dan bijaksana,  di acara Mr. & Ms. UMN 2019 ini kami ingin mencari dan membangun manusia yang mempunyai sikap dan hati yang cerdas dan bijaksana. Dengan kecerdasan dan kebijaksanaannya, maka diharapkan mampu menjadi seseorang yang pemikirannya, tingkah lakunya, tutur katanya dan semua aspek dalam dirinya menjadi cerdas dan bijaksana. Dengan semua ini, diharapkan sosok duta yang terpilih nantinya bisa menjadi sosok yang cerdas dan bijak juga bagi orang lain di sekitar dan membawa dampak positif yang besar bagi sesama.